Setelah kemarin kita membahas tentang Pengertian New Media , Sekarang kita bahas tentang Jejaring Sosial yang sedang popular di seluruh dunia. Tapi apakah Anda tau tentang jejaring sosial? Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya. Di Era Informasi pada saat ini peran serta internet sangatlah diperlukan, Seakan-akan ada yang kurang bila kita belum membuka Jejaring Sosial. Namun disamping itu ada juga dampak positif dan negatif dari Jejaring Sosial . Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Jejaring Sosial :
Kelebihan dari Jejaring Sosial :
- Mempermudah kita dalam berinteraksi dengan teman yang jaraknya jauh ataupun mencari teman baru
- Sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk , jasa, ataupun penjualan yang lainnya hanya dengan sekali klik untuk memposting tulisan kita
- Mendapatkan informasi berita terbaru yang sedang dibicarakan atau yang sedang terjadi diluar sana dengan mudah dan cepat
- Kita dapat menambah ilmu pengetahuan yang didapat dari sebuah blog maupun dari berbagai forum yang berada di internet
- Dengan adanya situs jejaring sosial kita tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, tinggal pesan lewat online semua itu dapat dilakukan dengan mudah
Kekurangan dari Jejaring Sosial :
- Banyaknya perdagangan bebas seperti menjual video mesum, jasa phonesex, dll
- Maraknya penipuan dengan motif menjual mobil, handphone, motor
- Banyak nya provokator yang ada untuk memberikan isu-isu panas dan berita yang tidak jelas sumbernya
- Dalam kadar yang berlebihan situs jejaring sosial dapat menjadi adiktif ( kecanduan ) terhadap si pengguna dan terganggunya privasi seseorang
- Banyaknya akun pengguna situs jejaring sosial yang diretas oleh hacker dan dapat menyebabkan kerugian yang besar
Siapa
yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan
produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang setidaknya pernah
mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga
tidak perlu dibahas banyak-banyak.Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer
saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini
diprakarsai oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin
Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs
jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu.
Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.
Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, selalu
mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler
Winklevoss (pendiri UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka
membuat jejaring sosial semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh
mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial untu Harvard. Akan tetapi,
Mark pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya
sendiri. Facebook atau dulu namanya The Facebook pun merambah secara
“eksklusif” dari universitas ke universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk
mahasiswa elit, ketenaran Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya
menjadi situs jejaring sosial paling terkenal sekarang.
Twitter dibangun
oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada
15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah
meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter.
Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata
tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu
bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara,
menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini.
- Myspace
Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.
MySpace bersifat umum
sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal mengaku berumur minimal 13
tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada
tahun 2003.
- Google+
Google+ merupakan usaha
Google ke sekian kalinya dalam dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring
sosial google sebelumnya adalah Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi
seperti pemersatu dari seluruh layanan tersebar yang dimiliki Google.
Berikut ini video untuk membuat sebuah akun Facebook yang baru :
1 komentar:
Write komentarnice banget sangat menambh pengetahuan
Replybranding agency indonesia
EmoticonEmoticon